Tri Rismaharini Menjadi Pengayom Warga Papua Yang Ada Di Surabaya

0
556
Tri Rismaharini Menjadi Pengayom Warga Papua Yang Ada Di Surabaya
Tri Rismaharini Menjadi Pengayom Warga Papua Yang Ada Di Surabaya

Indolah.com – Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini Menjadi Pengayom Warga Papua Yang Ada Di Surabaya. Di pundak Risma sekarang tersemat sebutan Mama Papua.

Sudah lama saya menginginkan ini. Saya bersyukur bertemu dengan saudara-saudara saya Papua,” ujar Risma saat memberi sambutan dalam acara Ibadah dan Natal Bersama Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya di Graha Sawunggaling Pemkot Surabaya, Sabtu (21/1/2017).

Baca Juga >>> Novel Bamukmin Mengaku Mendapat Banyak Teror

Sebelum penyematan Mama Papua, Risma terlebih dahulu melakukan mansorandak atau tradisi injak piring. Tradisi ini biasanya dilakukan untuk menyambut anggota keluarga dari rantau atau luar Papua.

Penyematan sebutan Mama Papua dilakukan dengan menyematkan tiga benda khas Papua yakni mahkota Cenderawasih, kain batik Papua, dan noken rajut akar. Dengan tiga benda itu, Risma turut bernyanyi dan berjoget dengan warga Papua.

“Tidak ada yang berbeda pada diri kita. Tak ada yang lebih dan tak ada yang kurang. Kita adalah keluarga besar,” ujat Risma.

Sebagai Mama Papua, Risma berjanji akan membantu warga Papua yang ada di Surabaya. Bila ada yang membutuhkan bantuan, Risma bersedia datang dan membantu.

Mendapat sebutan Mama Papua dirasakan Risma sebagai tanggung jawab yang berat sekaligus ringan. Risma ingin agar anak-anak Papua di perantauan bisa maju. Untuk maju, maka diperlukan kerja keras. aalah tugas Risma untuk turut serta memberi semangat dan bantuan yang diperlukan.

Risma merasa bahwa warga Papua di Surabaya seakan tak punya siapa-siapa. Karena itu Risma tak ingin mereka merasakan hal itu. Risma ingin mereka minimal mempunyai seorang pelindung yang bisa mengayomi.

“Di Surabaya mereka semacam tidak punya siapa-siapa. Sekarang, mereka minimal merasa punya saya,” tegas Risma.

Bila sudah berhasil di perantauan, khususnya Surabaya, Risma ingin agar warga Papua bisa membangun tanah kelahirannya. Risma ingin agar warga Papua menunjukkan bahwa mereka bisa.

Sementara itu, perempuan senior Papua di Surabaya Margaretha Unani mengatakan bahwa penobatan Mama Papua kepada Risma dilakukan karena kiprah Risma terhadap warga Papua di Surabaya. Sudah banyak bantuan Risma kepada warga Papua di Surabaya meski tidak secara langsung.

(Visited 110 times, 1 visits today)