Tuk Mudal, Destinasi Wisata Yang Paling Keren di Cempaka Tegal

0
175

Tuk Mudal, Destinasi Wisata Yang Paling Keren di Cempaka Tegal

Indolah.comTuk Mudal, Destinasi Wisata Yang Paling Keren di Cempaka Tegal. Satu lagi tempat wisata di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Namanya Tuk Mudal. Dalam beberapa waktu paling akhir, wisata ini ramai menjadi pembicaraan warganet di sosial media sebab tempatnya yang bagus serta adem.

Waktu bertandang kesana, kami juga rasakan udara yang sejuk. Ciri khas hawa pegunungan. Gemercik air yang mengalir di aliran irigasi seputar tuk meningkatkan kesan-kesan jika tempat ini masih tetap asri. Ditambah lagi, airnya begitu jernih serta dingin. Beberapa anak-anak juga asik mandi serta berenang.

Di kolam mata air berdiameter seputar 20 meter ini, pengunjung dapat naik perahu getek sampai coba bermain diatas air dengan balon besar. Tak perlu bayar retribusi untuk masuk ke lokasi ini. Anda cuma cukuplah mengeluarkan kocek kurang dari Rp 10 ribu untuk cost sewa perahu serta balon air.

Tuk Mudal sebetulnya sudah lama ada. Akan tetapi, waktu itu pemanfaatannya cuma untuk sumber mata air untuk mengaliri sawah di desa ditempat. Diluar itu, dipakai untuk masalah mandi serta membersihkan pakaian masyarakat seputar.

Kepala Desa Cempaka, Abdul Khayi, menjelaskan pada 2015, awalannya Pemerintah Desa cuma berusaha untuk lakukan konservasi mata air. Supaya, tempat pertanian di seputar desa tidak kesusahan air. Seperti didapati, ada 7 sumber mata air di satu lokasi itu yang mengairi 160 hektare sawah.

Baca juga : Inilah 5 Destinasi Wisata Terbaru di Amarasi Pulau Timor

Kami cemas jika mata air ini mati ingin menjadi apakah. Pada akhirnya bersama dengan pemuda ditempat kami lakukan pemeliharaan serta penaludan agar lumpur di luar tidak pada masuk,” tuturnya.

Sesudah dibenahi, nyatanya beberapa orang yang hadir berduyun-duyun untuk berswafoto. Lihat kekuatan ini, Pemdes bersama dengan masyarakat ditempat selalu percantik lokasi ini. Ditambah lagi, semenjak Cempaka diputuskan menjadi Desa Wisata oleh Pemkab Tegal, jumlahnya pengunjung selalu bertambah.

“Kami memakai Dana Desa untuk membuat lokasi ini jadi obyek wisata yang menarik,” tutur Kepala desa yang menjabat semenjak 2013 ini.

Akhirnya, jumlahnya pengunjung makin hari makin bertambah. Dalam sehari, kata Khayi, banyaknya sampai beberapa ratus. “Kalau akhir minggu dapat sampai beberapa ribu.”

Untuk meningkatkan daya tarik pengunjung, beberapa pemuda ditempat mengadakan agenda wisata di seputar Tuk Mudal. Seperti Pasar Slumpring yang diselenggarakan setiap Minggu dari jam 07.00-12.00 WIB.

Diluar itu, ada pula tempat wisata lainnya seperti Bukit Bulak Cempaka (BBC), yang tawarkan panorama alam Kabupaten Tegal. “Kami lihat kekuatan yang berada di Cempaka ini. Mesti dioptimalkan,” tuturnya.

(Visited 17 times, 1 visits today)