Unik! Ada Masjid Yang Berbentuk Perahu di Kota Gresik

0
134

Unik! Ada Masjid Yang Berbentuk Perahu di Kota Gresik

Indolah.comUnik! Ada Masjid Yang Berbentuk Perahu di Kota Gresik. Ada satu masjid unik di Gresik. Unik karena memiliki bentuk yang tidak biasa. Masjid ini dibuat mirip atau berupa seperti satu perahu. Apakah argumen di balik pembangunan masjid perahu ini?

Masjid ini bernama Masjid Abdul Hamid Al Faqih. Akan tetapi masyarakat mengatakan menjadi masjid perahu karena memiliki bentuk yang dengan fisik tampak seperti satu perahu. Masjid ini terdapat di Dusun Mulyosari, Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah. Tempat ini berjarak seputar 33 km dari Kota Gresik.

“Ada argumen kenapa masjid ini dibuat membuat seperti satu perahu,” tutur panitia pembangunan masjid, Ahmad Niam Karim, Senin (3/9/2018).

Niam menyampaikan inspirasi pembangunan masjid ini datang dari KH Mahsun Mashudi, pendiri serta pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ihsan serta Nurul Ihsan. KH Mahsun Mashudi bangun masjid ini berdasar pada perjuangan KH Abdul Hamid Al Faqih Maskumambang waktu berdakwah di Gresik.

“Masjid ini berupa perahu untuk memperingatkan perjuangan beliau waktu berdakwah yang memakai transportasi utama perahu dari Lamongan-Gresik-Surabaya telusuri serta menyeberangi Bengawan Solo,” kata Niam.

Baca juga : Unik! Ada Museum Bawah Tanah Yang Terletak di Kota Helsinki

Niam menuturkan masjid perahu ini berdiri diatas tanah wakaf seluas 58×38 mtr. persegi. Pembangunan masjid ini cukuplah singkat, cuma 8 bulan dengan penempatan batu pertama pada 5 Januari 2018. Untuk cost pembangunan, Niam menyebutkan angka RP 3,8 miliar ialah dana yang sudah dihabiskan untuk bangun masjid ini.

“Dana barasal dari beberapa donatur,” lanjut Niam.

Masjid ini memiliki ukuran fisik 27×13 mtr.. Disaksikan dari terlalu jauh, masjid ini memiliki bentuk seperti perahu dengan haluan di muka serta buritan di belakang. Jendela pada masjid juga dibuat seperti jendela pada perahu yaitu berupa bundar.

“Masjid ini memiliki dua lantai dengan daya tampung seputar 250 orang,” jelas Niam.

Niam mengharap masjid ini jadi besar dalam makna belum pernah sepi dari jemaah yang menunaikan beribadah di dalamnya. Niam juga mengharap masjid ini jadi salah satunya wisata religi menjadi pelengkap wisata alam Pantai Delegan serta Mangrove Ujungpangkah yang tidak jauh dari masjid perahu.

(Visited 42 times, 1 visits today)