Unik! Hotel di India Ini Dikhususkan Untuk Orang Yang Ajalnya Dekat

0
694

Unik! Hotel di India Ini Dikhususkan Untuk Orang Yang Ajalnya Dekat

Indolah.comUnik! Hotel di India Ini Dikhususkan Untuk Orang Yang Ajalnya Dekat. Biasanya para tamu sebuah hotel ialah mereka yang sehat walafiat atau yang tengah dalam satu perjalanan. Secara singkat, hotel dalam pandangan umum bukan tempat suram, atau untuk menjaga orang sakit atau untuk bermuram durja.

Akan tetapi, hotel yang satu ini berlainan. Beberapa tamunya hadir mengendarai mobil kedaluwarsa, menggunakan tongkat atau tandu sebab tidak dapat kembali berdiri.

Hotel Kashi Labh Mukti Bhawan atau Rumah Keselamatan justru menyimpan sebagian orang yang hadir ke kota Varanasi, India untuk menjemput ajal mereka. Seputar 20-an orang setiap bulan hadir dari beberapa seluruh dunia untuk habiskan hari-hari paling akhir mereka di hotel itu.

Hotel Mukti Bhawan adala satu bangunan berwarna merah yang dibuat di waktu kolonial dengan 12 kamar berlantai semen. Umat Hindu yakini bila mereka meninggal dunia di Varanasi akan membebaskan mereka dari siklus kekal kehidupan serta reinkarnasi.

Jika mereka meninggal dunia di Varanasi, mereka akan dikremasi di Sungai Gangga serta itu adalah bonus buat mereka.

Dahulu semakin banyak tamu di Mukti Bhawan, tapi bangunan itu terakhir justru jadi hotel regular yang membawa uang untuk kota dimana kremasi yang berjalan 24 jam jadi daya tarik. Bhairav Nath Shukla, sebagai pengurus Mukti Bhawan saat lebih dari 40 tahun, menjelaskan, sejumlah besar tamunya meninggal dunia beberapa waktu sesudah bermalam.

Umumnya, kata Bhairav, dua minggu ialah batas waktu seorang dapat memakai kamar dalam tempat itu.

“Ada pengecualian. Sebagian orang telah sangat sakit tapi masih tetap hidup sesudah lebih dari satu pekan,” tutur Bhairav.

Baca juga : Unik! Wanita Suku Mosuo Ini Bebas Memilih Pasangan Seksualnya

“Kadang kami meminta keluarga untuk membawa mereka pulang serta kembali lain kali. Kadang kami ijinkan mereka tinggal lebih lama,” lebih ia.

Karena perkebangan kota Varanasi, Mukti Bhawan yang didanai melalui sumbangan, sekarang tidak kembali mempunyai panorama Sungai Gangga. Meskipun begitu, antrean orang miskin yang ingin meninggal dunia dalam tempat itu masih tetap panjang.

Mereka ini bahkan juga ikhlas meniti perjalanan beberapa ribu km., bahkan juga di luar negeri atau sebatas naik mobil dari pedalaman India. Lantas berapakah tarif hotel ini? Beberapa tamu cukuplah membayar 1 dollar AS atau seputar Rp 14.000 untuk kamar yang diperlengkapi kipas angin.

Setiap hari diselenggarakan ritual doa yang di pimpin seseorang pendeta Hindu yang tawarkan air Sungai Gangga yang dipandang suci serta murni. Buat mereka yang mempunyai uang lebih, dapat menyewa gabungan nada lokal untuk menyanyikan lagu-lagu rohani buat beberapa tamu yang kritis itu.

“Kebanyakan orang dari beberapa latar belakang hadir kesini. Mereka hadir dari semua pelosok India serta luar negeri,” tutur Bhairav.

“Sejumlah besar hadir bersama dengan keluarga untuk berdoa serta menanti kematian hadir,” tambah dia.

Bhairav memprediksi lebih dari 15.000 orang meninggal dunia di Mukti Bhawan serta dikremasi di Sungai Gangga semenjak tempat itu dibangun pada 1908.

“Saat umat Hindu masih tetap pelihara kepercayaan akan kemampuan spiritual Varanasi, jadi jalan keselamatan Mukti Bhawan masih tetap mempunyai hari esok,” tutur Bhairav.

(Visited 49 times, 1 visits today)