Unik! Kuil di Thailand Ini Terbuat dari Jutaan Botol Bir

0
76

Unik! Kuil di Thailand Ini Terbuat dari Jutaan Botol Bir

Indolah.comUnik! Kuil di Thailand Ini Terbuat dari Jutaan Botol Bir. Sekitar 1,5 juta botol bir dipakai dalam pembangunan satu kuil di Thailand. Kuil yang dinamakan Wat Pa Maha Chedi Kaew ini jadi monumen peringatan buat penduduk seputar serta wisatawan akan efek yang dapat diakibatkan dari tumpukan barang sisa.

Kuil yang dikenal juga dengan nama Kuil Juta-an Botol ini adalah langkah unik dari penduduk ditempat dalam kurangi polusi.

Pada 1984, beberapa biksu di propinsi Sisaket mulai capek dengan adanya banyak sampah yang menggunung, serta membuat rintangan “100 Botol Bir di Dinding”.

Kepala biksu Phra Khru Vivek Dharmajahn lalu pimpin pergerakan untuk bangun satu kuil dari botol-botol itu.

Mereka lalu ajak masyarakat seputar untuk ikut juga dalam pergerakan ini. Penduduk juga ketertarikan dengan memberikan semua botol bir yang tidak terpakai.

Botol-botol itu dipakai untuk hiasi kuil. Dalam tempo dua tahun, kuil yang dibuat dari botol bir itu juga jadi.

Baca juga : Inilah 5 Sistem Perkuliahan Unik Yang Ada di Inggris

Uniknya, serangkaian botol itu diatur berurutan. Botol bir Heineken berwarna hijau diatur memanjang dengan serangkaian botol bir berwarna coklat di bagian atasnya. Formasi itu membuat dinding dengan warna yang mengagumkan.

Botol-botol berwarna-warni itu ikut hiasi pagar di jalanan ke arah ke kuil. Di kuil, tampak botol diatur dengan macam warna hingga membuat dengan skema zigzag. Lantai kuil ikut terbuat dari sisi bawah botol.

Unik! Kuil di Thailand Ini Terbuat dari Jutaan Botol Bir

Konstruksi unik ini tidak hanya meningkatkan nilai artistik kuil ikut mengirit dana pembangunan sebab memakai bahan sisa menjadi salah satunya materialnya.

Diluar itu, pemakaian bahan sisa ikut menolong kurangi produksi sampah di lokasi itu.

Sisi pagoda ikut dihias dengan botol sisa. Bahkan juga pada dinding di belakang Patung Buddha, ikut didandani dengan beberapa ribu tutup botol sisa.

Bahkan juga tutup botol yang dipakai masih tetap menunjukkan logo dari produsen minuman itu.

Tidak cuma kuil saja yang dibuat dari botol sisa, ruangan doa, krematorium, rumah beberapa biksu, sampai kamar mandi wisatawan tidak lepas dari jangkauan.

(Visited 19 times, 1 visits today)