Unik! Shani Shingnapur Desa Tanpa Pintu yang Ada di India

0
47

Unik! Shani Shingnapur Desa Tanpa Pintu yang Ada di India

Indolah.comUnik! Shani Shingnapur Desa Tanpa Pintu yang Ada di India. India tidak cuma menyediakan tujuan wisata yang dapat membuat orang kagum, tapi juga macam narasi unik yang lain mengenai penduduk seputar. Diantaranya ialah narasi mengenai satu desa di India bernama Shani Shingnapur yang tidak menempatkan pintu di tempat tinggalnya.

Terdapat di Distrik Ahmednagar, negara sisi Maharashtra, India, penduduk Desa Shani Shingnapur sekarang ini masih tetap memegang teguh kebiasaan mereka yang tidak menempatkan pintu di bagian tempat tinggalnya. Disana kamu cuma akan menjumpai kusen pintu atau gorden yang menutupi ruangan-ruangan spesifik.

Dikutip BBC, bukan tiada argumen penduduk Desa Shani Shingnapur tidak menempatkan pintu didalam rumah mereka. Menurut keyakinan penduduk ditempat, Dewa Sani mengamati rumah-rumah serta membuat perlindungan mereka dari semua bentuk kejahatan.

Tidak cuma itu, menurut legenda, seputar 400 tahun lantas sebab hujan yang tidak henti-hentinya, ada sebongkah batu monolit hitam yang tersapu di tepian Sungai Panasnala. Saat seseorang penggembala menggerakkan batu itu memakai tongkat, tidak diduga darah keluar.

Lalu, saat malam harinya Dewa Sani mendatangi mimpi penggembala itu serta menyampaikan padanya jika batu itu mesti dipasang di desa membuat perlindungan dari semua type bahaya serta kejahatan. Mulai sejak itu, penduduk singkirkan semua pintu dari rumah-rumah mereka serta menyebut desa itu Shani Shingnapur.

Disebutkan jika siapa juga yang coba mengambil disana akan selekasnya diberi hukuman dengan masalah jiwa, kebutaan, atau penyakit yang panjang. Diluar itu, siapa saja yang lakukan kejahatan disana nanti akan memperoleh kesialan, tidak tahu lewat kecelakaan, kematian, atau kemunduran.

Menurut narasi penduduk ditempat, sempat satu kali ada seseorang penduduk coba menempatkan panel kayu di pintu masuk tempat tinggalnya serta pada esok harinya dia alami kecelakaan. “Bila seorang tidak bisa dipercaya atau berusaha untuk mengambil di desa, orang itu tidak akan melarikan diri dari hukuman Dewa Sani serta dia akan memikul akibatnya karena perbuatannya,” tutur Dyaneshwar Kudalkar.

Baca juga : Unik! Inilah 6 Negara Yang Resmi Mengubah Nama Negara

Keyakinan penduduk Shani Shingnapur itu bukan sekedar membuat masyarakat di sini tidak menempatkan pintu didalam rumah mereka, tapi juga di sejumlah tempat yang lain, seperti hotel, kantor, kepolisian, bahkan juga bank. Saat bertahun-tahun desa itu juga tidak mempunyai kantor polisi, sebab tindak kejahatan disana begitu kecil.

Sampai 2010, tidak ada masalah pencurian atau perampokan. Akan tetapi, belakangan ini ada banyak aduan, seperti pencurian uang, perhiasan, serta beberapa barang yang lain.

Seseorang petinggi polisi yang tidak mau dijelaskan namanya mengatakan jika insiden kecil kadang tidak dilaporkan, sebab ekonomi desa berpusat di kuil, serta laporan seperti itu bisa mengakibatkan kerusakan reputasi dan kebiasaan desa.

Dia memberikan jika beberapa peziarah yang hadir untuk berdoa di kuil diprediksikan lakukan kejahatan kecil, seperti pencopetan atau pencurian kendaraan di daerah seputar.

Walau tidak ada yang ingin dengan terbuka mengatasi permasalahan ini, jelas jika beberapa masyarakat sudah mulai memakai pintu geser kayu, papan kayu lapis, atau bahkan juga pengait membuat perlindungan rumah mereka.

Sejak mulai ramainya masalah perampokan, baru pada 2015 kantor polisi di desa paling dekat, yakni di Sonai kirim beberapa personil kepolisian ke Shani Shinhnapur untuk mengatur lonjakan peziarah yang hadir.

Shani Shingnapur sendiri sudah jadi situs ziarah yang makin popular di India. Sekarang ini ada lebih dari 40 ribu pengunjung sehari-harinya. Ditambah lagi disana ada banyak upacara spesial serta pameran yang diadakan oleh penduduk ditempat.

(Visited 18 times, 1 visits today)