Unik! Sumur Kuno Yang Berusia 1000 Tahun Dengan Tangga Rumit

0
37

Unik! Sumur Kuno Yang Berusia 1000 Tahun Dengan Tangga Rumit

Indolah.comUnik! Sumur Kuno Yang Berusia 1000 Tahun Dengan Tangga Rumit. Sumur Kuno dengan umur lebih dari 1000 tahun terdapat di negara india persisnya di negara sisi rajashtan. jadi begitu unik serta mengagumkan sebab mempunyai design super komplesk dengan jumlahnya tangga sampai 3500 buah. Sumur yang bernama Chand Baori Ini ialah salah satunya sumur tangga paling tua di india, serta dipandang seperti salah satunya yang paling besar dalam dunia. Susunan persegi yang mengagumkan ini mempunyai 13 lantai yang dalam, serta berjajar di selama dinding di tiga bagian ialah anak-anak tangga ganda yang ditata dalam simetri yang prima alami penurunan ke sumur yang berkedalaman 30 mtr. ke arah ke genangan air hijau yang keruh.

sebelumnya sumur ini Dibuat pada era ke-8 serta ke-9 oleh Raja Chanda dari Dinasti Nikumbha, untuk menyiapkan sumber air yang dihandalkan saat beratus-ratus tahun untuk daerah sekelilingnya sebelum skema pengirimana air moderen dikenalkan. Akan tetapi sekarang, Air hijau di basic sumur menunjukkan, sumur telah tak akan dipakai. Tapi susunan arsitektur yang mengesankan yang berumur lebih dari 1000 tahun, masih menarik orang untuk mengunjunginya. Ada pula satu kuil yang berdampingan dengan sumur itu untuk didatangi.

Baca juga : Unik! Hotel Tab Capsule Menginap Seperti di Luar Angkasa

Sumur tangga (Stepwells), ikut dimaksud bawdi atau Baori, ialah ciri khas India. Sumur ini mempunyai tangga-tangga yang dibuat ke bagian yang dapat dituruni untuk sampai air dibagian bawah. Sumur tangga biasanya semakin besar dari sumur biasanya serta berarti dengan arsitektural, seperti Chand Baori. Tangga tangga melingkari sumur pada tiga bagian, sesaat bagian ke empat mempunyai seperangkat paviliun yang dibuat satu diatas yang lainnya. Bagian yang mempunyai paviliun mempunyai relung dengan patung-patung yang indah, termasuk juga ukiran keagamaan. Bahkan juga ada rumah kerajaan dengan kamar untuk Raja serta Ratu serta panggung untuk pertunjukan seni. Chand Baori pernahi dipertunjukkan dalam film The Fall dan dikit dipertunjukkan di filmnya Christopher Nolan, yakni The Dark Knight Rises.

Fakta dari bentuk rumitnya anak tangga untuk pastikan jika beberapa orang Rajput mempunyai akses ke air setiap waktu selama tahun, serta dari semua bagian. Sesaat Fakta dibalik besarnya lubang sumur berperan menjadi corong penangkapan hujan yang berperan pada air yang merembes masuk dari batuan berpori dibagian bawah. Rajasthan sendiri ialah tempat yang kering, serta karena itu, tiap-tiap tetes air begitu bernilai.

Chand Baori ikut jadi tempat pertemuan komune buat masyarakat ditempat Abhaneri. Masyarakat kota memakai sumur ini untuk sekedar duduk di sekitarnya sekalian mendinginkan badan (ngadem) saat hari-hari musim panas. Dibagian bawah sumur udaranya tetap seputar 5-6 derajat lebih dingin dibanding diatas.

Saat ini Chand baori jadi harta karun yang diurus oleh Archeological Survey of India serta jadi tempat wisata favorit yang menghadirkan beberapa wisatawan.

(Visited 11 times, 1 visits today)