Usai Penangkapan Bos Huawei China Tangkap Mantan Diplomat Kanada

0
170
Usai Penangkapan Bos Huawei China Tangkap Mantan Diplomat Kanada
Usai Penangkapan Bos Huawei China Tangkap Mantan Diplomat Kanada

Indolah.com – Usai Penangkapan Bos Huawei China Tangkap Mantan Diplomat Kanada, Seorang bekas diplomat Kanada sudah ditahan di China, di dalam kemarahan pemerintah Beijing atas penangkapan bos perusahaan telekomunikasi Huawei oleh otoritas Kanada. Penahanan bekas diplomat itu memunculkan keprihatinan pemerintah Kanada dan Amerika Serikat.

“Kami tahu keadaan mengenai seorang warga Kanada ditahan di China. Kami sudah lakukan kontak langsung dengan pihak China,” kata Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau pada para wartawan seperti dikutip kantor berita AFP, Rabu (12/12/2018). Trudeau menambahkan jika pemerintahnya menanggapi penangkapan ini dengan sangat serius.

Sebelumnya, The International Crisis Group mengemukakan mengenai penahanan pegawainya, Michael Kovrig, seorang pakar berbahasa China yang pernah jadi diplomat Kanada di Beijing, Hong Kong dan PBB.

Baca Juga : Penyerangan Polsek Ciracas Diduga Terkait Pengeroyokan Anggota TNI

“Kami lakukan semuanya yang mungkin untuk pastikan adanya informasi tambahan tentang keberadaan Michael dan pembebasannya yang cepat serta aman,” demikian dikatakan The International Crisis Group.

Pemerintah Amerika Serikat juga bereaksi atas penangkapan bekas diplomat Kanada itu. Washington mengatakan Beijing untuk memenuhi komitmennya pada HAM.

“Kami menekan China untuk akhiri semua bentuk penahanan sewenang-wenang serta untuk menghargai perlindungan serta kebebasan semua individu dibawah komitmen hak asasi manusia serta konsuler internasional China,” kata wakil juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Robert Palladino pada para wartawan.

Selama ini belumlah ada pengakuan resmi dari China, akan tetapi penangkapan ini berlangsung sesudah direktur keuangan Huawei, Meng Wanzhou ditangkap di Kanada karena keinginan ekstradisi Amerika Serikat. Pemerintah China sudah mengungkapkan kemarahan atas penangkan putri pendiri raksasa telekomunikasi China itu. Beijing bahkan juga mengancam akan adanya konsekuensi parah bila bos Huawei itu tidak dibebaskan.

(Visited 26 times, 1 visits today)