Usulan Wisata Halal ala Sandiaga Ditolak Tegas Pemprov Bali

0
146
Usulan Wisata Halal ala Sandiaga Ditolak Tegas Pemprov Bali
Usulan Wisata Halal ala Sandiaga Ditolak Tegas Pemprov Bali

Indolah.com – Usulan Wisata Halal ala Sandiaga Ditolak Tegas Pemprov Bali, Sandiaga Uno mengusulkan untuk mengembangkan wisata halal di Bali. Usulan ini tegas tidak diterima Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Bali Anak Agung Yuniartha.

“Ya tidak mungkinlah, kita telah mengiklankan menjadi pariwisata budaya sesuai dengan Perda nomer 2 tahun 2012,” kata Yuniartha lewat telepon di Denpasar, Bali, Selasa (26/2/2019).

Yuniartha menambahkan wisata halal telah di kembangkan oleh Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dia menjelaskan masing-masing daerah telah mempunyai keunikannya serta mustahil memaksakan Bali jadi wisata halal.

“Tetangga saya wisata halal, Lombok, kita mustahil berkompetisi semacam itu, tidak sehat banget. Indonesia itu ada 17 ribu pulau biarlah berkembang budaya dengan masing-masing, itu (wisata halal) suatu hal yang tidak mungkin,” terangnya.

Merujuk pada Perda Nomer 2 tahun 2012, Bali telah menyatakan dianya menjadi pariwisata budaya. Bila keunikan itu ditukar, Yuniartha meyakini wisatawan mancanegara dapat tinggalkan Bali.

“Perda 2/20 mengenai pariwisata budaya itu begitu kuat serta tidak mungkin beralih. Image kita orang ke Bali untuk wisata budaya, jika budaya kita hilang pergi pun itu turis, jadi tidak ada pariwisata halal itu. Walaupun kami disebutkan menjadi daerah haram tetapi orang Timur Tengah harum itu, buktinya kunjungannya bertambah,” cetusnya.

Walau demikian, Yuniartha pastikan bukan perihal yang susah mencari makanan halal di Bali. Diantaranya di daerah Kuta yang telah popular di kelompok wisatawan mancanegara.

“Tempo hari orang dari Rusia nanya tuturnya sulit ya mencari resto halal di Bali. Aku contohin di Kuta yang demikian mengagumkan diketahui semua dunia mencari makanan halal mudah, hotel halal mudah di Bali. Which one do you want you can get di Bali. Tetapi kita tidak ingin mengiklankan itu, yang kita iklankan Bali menjadi pariwisata budaya,” papar Yuniartha.

Baca Juga : Seekor Ular Masuk dalam Koper dan Terbang dari Australia ke Inggris

Saran meningkatkan wisata halal itu dikatakan Sandiaga waktu kampanye di Bali. Calon wakil presiden nomer urut 02 itu menjelaskan ceruk pasar wisata halal begitu mengundang selera.

“Prabowo-Sandi konsentrasi untuk mendayakan UMKM, tingkatkan kewirausahaan serta di Bali sendiri pariwisata kita harap pariwisata semakin lebih baik serta multiplayer-nya sangat banyak untuk UMKM. Diantaranya pun pariwisata halal, banyak potensinya, serta saat ini banyak diambil oleh Bangkok, Thailand,” kata Sandiaga di Hotel Alkyfa, Jl Pura Demak, Pemecutan Klod, Denpasar, Bali, Minggu (24/2).

“Kita ingin Bali, Indonesia pada umumnya pun ngambil kekuatan pariwisata halal yang konon beritanya diatas Rp 3.000 triliun potensinya. Ini begitu mengagumkan potensinya jika dapat kita mengambil untuk pergerakan ekonomi di Bali,” sambung pasangan Prabowo Subianto itu.

(Visited 98 times, 1 visits today)