Wanita Paling Jago Berbisnis di Dunia, Ada dari Indonesia

0
714

Jakarta – Sudah banyak wanita yang sukses memimpin sebuah perusahaan yang berskala internasional. Tak hanya pria saja yang bisa memimpin bisnis perusahaan besar.

Majalah Fortune membuat daftar 50 wanita yang dianggap paling berkuasa di sektor bisnis dunia. Dalam daftar tersebut, ada 1 orang wanita asal Indonesia yang masuk. Siapa dia?

Berikut daftar 4 teratas wanita paling berkuasa pada sektor bisnis dunia, dan wanita asal Indonesia yang menduduki peringkat 33. Seperti dikutip dari CNN

1. Mary Barra

Barra merupakan Direktur Utama baru General Motors (GM). Wanita berumur 52 tahun ini merupakan wanita pertama yang memimpin produsen otomotif berskala global. Barra emimpin lebih dari 212 ribu pegawai di 396 fasilitas GM di 6 benua.

Wanita ini merupakan insinyur elektro yang menghabiskan hampir seumur hidupnya untuk GM. Sebagai Dirut baru, Barra menghadapi tantangan besar di AS, karena pangsa pasar dan keuntungan GM masih di bawah Ford. Belum lagi, cabang GM di Eropa yaitu Opel rugi miliaran dolar.

2. Ginni Rometty

Wanita berumur 56 tahun ini merupakan Chairman dan Direktur Utama IBM. Meskipun laba IBM di bawah target, namun perusahaan ini tetap merupakan perusahaan besar berskala global. Pegawai IBM berada di 170 negara.

Rometty melihat besarnya kesempatan bisnis IBM di Afrika, dan dia berencana untuk mengunjungi sejumlah negara di Afrika tahun ini. Kapitalisasi pasar IBM saat ini mencapai US$ 200 miliar atau Rp 2.000 triliun. IBM saat ini menjadi perusahaan yang paling ramah dengan wanita di dunia.

3. Indra Nooyi

Wanita berumur 58 tahun ini merupakan Chairman dan Direktur Utama dari PepsiCo. Nooyi berhasil meningkatkan penjualan Pepsi dua kali lipat di luar Amerika Serikat (AS), setelah 7 tahun memimpin PepsiCo.

Pendapatan PepsiCo mencapai US$ 65,5 miliar atau Rp 655 triliun, dan setengahnya adalah dari pasar di luar AS. Wanita kelahiran India ini terus menjaga kualitas produk-produk yang dijual PepsiCo.

4. Maria das Graas Silva Foster

Maria merupakan Direktur Utama dari perusahaan minyak asal Brasil Petrobas. Wanita berumur 60 tahun ini berhasil memimpin perusahaannya meraup pendapatan US$ 144 miliar atau Rp 1.440 triliun. Ini merupakan pencapaian tertinggi di antara wanita-wanita lain yang memimpin perusahaan yang masuk Fortune Global 500.

Namun, perjalanan karir Maria tidak mulus dan banyak tantangan. Dia harus menjual sejumlah aset-aset Petrobas sehingga bisa membiayai sejumlah proyek baru.

5. Karen Agustiawan

Majalah Fortune menganggap Karen sebagai wanita paling berkuasa dalam bidang bisnis di dunia. Direktur Utama Pertamina berumur 55 tahun ini dianggap berhasil memimpin perusahaan minyak dengan pendapatan US$ 70 miliar atau Rp 700 triliun dan mencetak rekor laba US$ 2,7 miliar atau sekitar Rp 27 triliun lebih di 2012.

Belum sampai situ, Pertamina juga sukses mengakuisisi sejumlah lapangan minyak di dunia, milik ConocoPhillips di Algeria dan milik ExxonMobil di Irak.

(Visited 114 times, 1 visits today)