Warga negara Emirat melakukan perjalanan bebas visa ke Jepang

0
56

indolah.com – Warga negara Emirat akan dapat melakukan perjalanan bebas visa ke Jepang di bawah kemitraan yang ditandatangani pada hari Rabu yang bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral.

Kesepakatan strategis tersebut bertujuan untuk mendorong lebih banyak partisipasi diplomatik, ekonomi dan politik, perdagangan, dan investasi antara kedua negara.

Itu ditandatangani di Tokyo oleh Dr Sultan Al Jaber, Menteri Perindustrian dan Teknologi Canggih dan utusan khusus UEA untuk Jepang, dan Yoshimasa Hayashi, Menteri Luar Negeri Jepang.

Dr Al Jaber mengatakan kesepakatan itu akan mendorong lebih banyak pertukaran pariwisata, budaya dan akademik antara kedua negara, selain mendorong peluang baru untuk bisnis, perdagangan, dan investasi.

Tanggal pembebasan dari persyaratan visa masuk akan diumumkan pada waktunya, kantor berita negara melaporkan.

Perjanjian kemitraan diluncurkan selama pertemuan pada hari Senin antara delegasi UEA, yang dipimpin oleh Sheikh Khaled bin Mohamed, anggota Dewan Eksekutif Abu Dhabi dan ketua Kantor Eksekutif Abu Dhabi, dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Rincian perjanjian diumumkan pada 2018 ketika Shinzo Abe, perdana menteri saat itu, mengunjungi Abu Dhabi.

Bidang utama kemitraan meliputi kerja sama di bidang politik dan diplomatik, termasuk kerja sama bilateral dan multilateral.

Termasuk juga kerjasama dalam penyediaan pembangunan dan bantuan kemanusiaan, kerjasama di bidang ekonomi, perdagangan, energi dan industri dengan memperkuat lingkungan bisnis untuk perdagangan dan investasi di semua sektor, seperti manufaktur dan teknologi, infrastruktur, kecerdasan buatan, perawatan kesehatan, usaha kecil dan menengah, serta pertanian, lingkungan dan perubahan iklim, pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, pertahanan dan keamanan.

Sheikh Khaled juga menghadiri resepsi resmi untuk Asosiasi Persahabatan Jepang-Emirat di Tokyo. Dia memuji hubungan ekonomi yang kuat antara UEA dan Jepang dan peran Asosiasi Persahabatan dalam memperkuat kerja sama antara kedua negara.

Kunjungan minggu ini telah memungkinkan kedua belah pihak untuk merenungkan hubungan ekonomi dan persahabatan selama 50 tahun terakhir, sebuah kantor berita melaporkan.

UEA telah menjadi salah satu pemasok utama minyak Jepang selama setengah abad terakhir, saat ini menyediakan 20 persen dari kebutuhan minyaknya.

Emirates juga merupakan mitra dagang terbesar kesepuluh Jepang secara global, menurut statistik 2021. Nilai investasi Jepang di Emirates telah melampaui $14 miliar.

Jepang adalah salah satu negara pertama yang menjalin hubungan diplomatik dengan UEA pada tahun 1971.

(Visited 5 times, 1 visits today)