Yamaha XS650 By Kott Motorcycles

0
1281

Indolah.com – Tunggangan milik biker asal Los Angeles – Amerika yang bernama Dustin Kott yang memiliki bengkel modifikasi Kott Motorcycles ini berdandan ala sportbike klasik yakni cafe racer.

Yamaha XS650 lansiran 1972 ini menjadi legenda dan terkenal berkat seorang pebalap Gran Prix 500cc era 70-80-an yakni Kenny Robert.

Modif Yamaha XS650 1972

Yamaha XS650 yang juga terkenal dengan sebutan XS2 ini mengalami banyak perombakan untuk mendapatkan tampilan sport klasik single seater ini – cafe racer. Di antaranya footpeg atau footstep, desain tangki, bentuk mesin secara umum.

Modif Yamaha XS650 1972 - Cafe racer

Kesemuanya mengacu pada tampilan klasik Cafe racer ‘berbau’ negara Jepang. Namun sebagai penghormatan kepada moge klasik Inggris, Norton Commando memberikan pengaruh besar pada kesan atau tampilan mesin milik Kott ini.

Norton Commando

Perubahan sedikit para rangka harus dia lakukan untuk memasangkan tangki klasik milik Yamaha XS750, serta menambahkan grafis sederhana pada lekukan tangki sebagai langkah akhir untuk ‘mempermanisnya’.

Kemudian membuat posisi stang setir hampir sejajar dengan jok merupakan langkah penting untuk menguatkan kesan cafe racer yang khas.

Modif Yamaha XS650 1972 - Cafe racer

Modif Yamaha XS650 1972 - Cafe racer

Menggantikan dudukan jok bahan plat baja dipilihnya yang kemudian bentuknya bersinergi dengan lekukan tangki dan bodywork custom. Kemudian untuk sektor sistem knalpot, Kott membuatnya secara custom dengan mempertahankan khas sport klasik yakni dengan ‘menunggingkan’ silincernya.

Modif Yamaha XS650 1972 - Cafe racer

Untuk sektor kaki-kaki, Kott menggunakan velg berbahan ringan namun kuat yakni aluminium. Selanjutnya menggantikan pegas fork depan lama dengan part yang baru, mengganti suspensi belakang lansiran Hagon, serta mengganti ring swing arm dengan part baru.

Modif Yamaha XS650 1972 - Cafe racer

Langkah terakhir yakni mengoptimalkan fungsi rem depan dengan menambahkan rotor dan kaliper pada fork asli bawaan Yamaha XS2 ini. Hal ini dilakukannya agar tetap bisa mempertimbangkan kesan klasik pada rem teromol belakang bawaan motor. Perpaduan warna hitam mengkilap dengan garis emas dipilihnya untuk tetap menciptakan kesan klasik.

Modif Yamaha XS650 1972 - Cafe racer

 

(Visited 523 times, 1 visits today)